Wow Jepang Punya Kuil Emas

Share Button

Wow Jepang Punya Kuil Emas

150835_kinkakuji

Kyoto – Tidak kalah dengan Thailand, Kyoto di Jepang memiliki kuil berlapis emas. Kuil ini berdiri dengan cantiknya di pinggir danau dan memukau turis yang melihatnya.

Kyoto dikenal sebagai daerah dengan banyak kuil menarik. Selain kuil 1.000 gerbang bernama Fushimi Inari yang populer, ada pula Kinkakuji. Inilah kuil berlapis emas yang bisa ditemukan di sebelah utara Kyoto.

Saya berkesempatan melihat langsung seperti apa kuil emas itu beberapa waktu lalu. Kuil ini sebenarnya bernama Rokuonji, namun memang lebih dikenal dengan sebutan Kinkakuji. Mirip dengan sebutan kuil perak yang sama-sama di Kyoto yaitu Ginkakuji.

Sebelum memasuki Kinkakuji, saya beserta pengunjung lainnya diarahkan ke loket tiket masuk. Harganya tiketnya 400 Yen per orang. Setelah beli tiket, saya langsung melangkahkan kaki menuju kuil tersebut dengan panduan peta kuil dwi bahasa, Jepang dan Inggris yang diberikan oleh petugas.

Tak jauh dari pintu masuk, terlihat sebuah danau dengan Kinkakuji yang berdiri megah di tepiannya. Saat itu langit agak mendung, namun kuil berlapis emas tersebut tetap memukau. Pantulannya di permukaan danau pun semakin mempercantik bangunan tradisional tersebut.

Kinkakuji ini rupanya telah berdiri dengan cantiknya sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Shogun Ashikaga Yoshimitsu pernah menempati kuil ini, dan atas permintaannya Kinkakuji menjadi kuil zen setelah ia meninggal pada tahun 1408.

Bangunannya terdiri dari tiga lantai dengan dua lantai atasnya berlapis emas. Di dalamnya ada patung Buddha yang bersejarah, tapi hanya bisa dilihat dari seberang danau karena memang kuil ini tak bisa dimasuki. Bagian dalamnya hanya dapat sedikit terlihat dari kejauhan.

Share Button

Comments

comments