Swensea Menang Tipis 2-1Di Liga Perdana MU

Share Button

Sepakbola, Aonberita.com – Swansea City kembali jadi momok menakutkan bagi Manchester United dalam setahun terakhir. Bertanding kembali pada laga lanjutan Premier League 2015/2016, Minggu (30/8/2015), The Swans yang bertindak sebagai tuan rumah mampu membekuk pasukan Louis van Gaal dengan skor tipis 2-1.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

United diluar dugaan langsung tampil ofensif di awal-awal pertandingan. Peluang emas langsung dimiliki Memphis Depay pada menit kedua. Free kick kerasnya mampu ditepis kiper The Swans, Lukasz Fabianski.

United terus menekan pertahanan tim tuan rumah di 20 menit awal. Namun, serangan The Red Devils selalu bisa dikandaskan duo bek tengah Ashley Williams dan Federico Fernandez.

Bafetimbi Gomis membuka peluang pertama bagi Swansea pada menit ke-23. Tapi, tendangan kerasnya memanfaatkan umpan terobosan Andre Ayew masih jauh dari sasaran. Gylfi Sigurdsson juga punya peluang pada menit ke-25. Tapi, sepakannya dari dalam kotak penalti menyamping tipis di sisi kanan gawang Sergio Romero. Ya, tipis saja!

Gomis kembali mengancam gawang United pada menit 26. Tendangannya dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Jonjo Shelvey membentur mistar gawang!

United balik mengancam pertahanan tuan rumah pada menit ke-35. Tendangan keras kaki kiri Ander Herrera dari luar kotak penalti masih melenceng tipis di kanan gawang.

Kedua tim terus saling serang di akhir-akhir paruh pertama. Namun, akhirnya tidak ada gol tercipta sampai half-time.

Babak Kedua

Memasuki awal paruh kedua, United sukses memecah kebuntuan setelah Juan Mata mencetak gol bola di menit 48. Berawal dari tusukan Luke Shaw dari flank kiri United, full-back timnas Inggris itu langsung melepas crossing yang tak sanggup disambut Wayne Rooney, namun berhasil disambar Mata.

Tak lama kemudian, United hampir mencetak gol kedua mereka. Williams nyaris melakukan gol bunuh diri ketika mencoba menghadang umpan silang Memphis. Beruntung, Fabianski sigap mengantisipasi bola liar tersebut. Gempuran dari tim tamu pun kian gencar.

Namun, setelah 10 menit babak kedua berlangsung, Swansea seperti tersengat dan lantas tampil kesetanan. Pada menit 61, The Swans akhirnya berhasil menyamakan skor setelah Ayew menanduk sempurna umpan silang Sigurdsson.

Bahkan di menit 66, Swansea berbalik memimpin 2-1 setelah Gomis, yang menyambut umpan terobosan Ayew, mampu menaklukkan Romero dari jarak dekat.

Dalam situasi tertinggal, arsitek The Red Devils, Louis Van Gaal memasukkan Ashley Young, Michael Carrick, dan Marouane Fellaini untuk menambah daya dobrak di 15 menit terakhir. Sempat terjadi klaim penalti ketika Rooney terjatuh di menit 88, namun wasit Martin Atkinson menganggap Williams melakukan intercept yang bersih.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Swansea mampu mempertahankan keunggulannya. Ini merupakan kekalahan perdana United musim ini – di semua kompetisi. Manchester Merah pun kini tertinggal lima poin dari sang pemuncak klasemen Premier League yang juga rival abadi mereka, Manchester City. Di pekan kelima, United akan menjamu Liverpool di Old Trafford, tepatnya pada 5 September 2015.

Susunan Pemain

Swansea City (4-2-3-1): Fabianski; Naughton, Fernandez, Williams, Taylor; Cork, Shelvey; Routledge (Sung-yueng 58′), Sigurdsson, Ayew; Gomis (Eder 81′).

Cadangan: Nordfeldt, Rangel, Bartley, Tabanou, Dyer.

Manchester Untied (4-2-3-1): Romero; Darmian, Smalling, Blind, Shaw; Schneiderlin (Carrick 70′), Schweinsteiger; Mata (Young 70′), Herrera (Fellaini 77′), Memphis; Rooney.

Cadangan: Johnstone, McNair, Valencia, Chicharito.

Share Button

Comments

comments