Sisi Tenang Thailand di Chiang Rai

Share Button

Sisi Tenang Thailand di Chiang Rai

img_20160509103029_573004553aac2

Jika selama ini Thailand identik dengan sibuknya Bangkok, mungkin saatnya liburan ke Chiang Rai. Kota dataran tinggi ini lebih tenang dan menyajikan banyak wisata menarik.

Berkesempatan mengikuti program AIMS untuk exchange ke Thailand merupakan suatu pengalaman yang tak akan terlupakan. AIMS atau kepanjangannya Asean International Mobility for Student, merupakan program pertukaran pelajar siswa yang diikuti Negara-negara ASEAN dan Jepang.

Lewat program ini saya berkesempatan untuk melakukan penelitian di Mae Fah Laung University, Chiang Rai, Thailand dengan bantuan beasiswa dari Dikti. Universitas ini kabarnya merupakan universitas terindah di Thailand, letaknya di sebuah bukit, dengan tagline “University in The Park“.

Sebenarnya Mae Fah Luag merupakan universitas swasta, namun universitas ini dibangun dan dikelola oleh keluarga kerajaan. Universitas ini juga dikenal dengan banyaknya mahasiswa internasional. Selama saya tinggal di Chiang Rai, terdapat beberapa hal unik yang selalu saya ingat tentang kota ini.

Chiang Rai adalah provinsi yang berbukit. Bukitnya kecil namun cukup tinggi, tersebar di seluruh provinsi ini. Chiang Rai merupakan provinsi yang terletak di Bagian Utara Thailand, berbatasan dengan Laos dan Myanmar.

Chiang Rai memiliki udara yang sangat nyaman. Polusi udara sangat sedikit di sini, membuat langit terlihat sangat cerah. Awan cukup jarang menutupi langit Chiang Rai sehingga di malam hari, bintang-bintang dapat terlihat sangat jelas dan banyak.

Karena letaknya di utara Thailand, Chiang Rai memiliki 3 musim. Yakni musim panas, musim hujan dan musim dingin. Meskipun tidak ada salju, suhu musim dingin Chiang Rai dapat mencapai 8 derajat di kota. Di atas bukit-bukitnya, suhunya dapat lebih rendah lagi.

Share Button

Comments

comments