Naik Balon Udara di Gold Coast, Australia

Share Button

Naik Balon Udara di Gold Coast, Australia

073915_goldbalon1

Gold Coast – Naik balon udara di Gold Coast, Australia, bisa menjadi pengalaman tak terlupakan untuk wisatawan. Terbang tinggi dan melihat pemandangan indah di pagi hari. Sunggguh damai rasanya.

Daerah pedalaman Gold Coast seperti Canungra adalah area peternakan, perbukitan dan taman nasional. Canungra merupakan tempat untuk menikmati atraksi wisata balon udara.

detikTravel diajak Tourism Queensland untuk mencoba Hot Air Balloon pada Sabtu (5/12/2015) kemarin. Hot Air Balloon adalah operator balon udara di kawasan Gold Coast yang cukup ternama.

Kami dijemput dari hotel sejak dini hari pukul 04.00 waktu setempat. Dari pusat kota, kami menuju pinggiran, masuk ke pedesaan dan akhirnya ke kawasan peternakan.

Bus kami lantas belok ke sebuah lahan pertanian. Di sana tampak 3 balon udara sedang dipanaskan dengan semprotan api supaya mengembang. Kami tiba ketika matahari baru bersinar.

Hawa segar, pemandangan peternakan yang hijau memompa semangat untuk terbang dengan balon udara. Perlahan-lahan, balon udara raksasa ini mengembang penuh menjulang ke atas.

Satu gondola atau keranjang di isi 10 wisatawan. Kami diberikan instruksi keselamatan dan prosedur perjalanan. Setelah itu, tali-tali penambat dilepaskan. Hup! Kami pun melayang perlahan.

Tidak ada hingar bingar. Yang ada hanya ketenangan alam sekitar. Semua penumpang termasuk saya terpesona dengan suasana balon yang pelan-pelan naik meninggalkan rerumputan, pepohonan dan peternakan di bawah sana.

Tak terasa, kami sudah naik tinggi sekali. Hanya suara semburan api yang sesekali dinyalakan ‘pilot’ balon udara yang bernama Blake, untuk menambah tenaga.

Dari atas balon udara, kita bisa melihat indahnya pemandangan kawasan hinterland Gold Coast yang hijau. Bahkan, kita bisa melihat Brisbane dan Gold Coast di cakrawala. Matahari pun bersinar dengan lembut menambah syahdu perjalanan selama 1 jam itu.

Balon udara tidak bisa dikendalikan arahnya, bergantung ke mana angin membawa. Tapi, pihak operator tidak khawatir kemana mereka harus mendarat.

“Kami sudah berkordinasi dengan seluruh pemilik peternakan di sini. Jadi kalau kita mendarat di salah satu lahan pertanian di sini ya tidak masalah,” kata Blake.

Perlahan kami turun ke sebuah lahan pertanian. Yang dituju adalah lapangan peternakan sapi yang cukup luas. Sapi-sapinya langsung melarikan diri karena ada balon mendekat.

Share Button

Comments

comments