Manta Untuk Indonesia

Share Button

Manta Untuk Indonesia

img_20140419214755_53528c9b9ef7c

Beberapa tahun terakhir , populasi pari manta di dunia semakin menurun. Meningkatnya perburuan akan insang manta yang digunakan sebagai bahan obat tradisional cina yang dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengobati kanker dan itulah menjadi alasan utama mengapa perburuan manta kian marak dan terjadi di berbagai belahan dunia.

Dan Indonesia berada di posisi tiga besar setelah srilangka dan india , sebagai Negara pengekspor insang manta di pasar dunia , untuk menjaga populasi pari manta di wilayah perairan Indonesia , Negara kita telah mengesahkan undang undang yang melarang penangkapan dan ekspor terhadap ikan yang menjadi daya tarik wisata dunia ini.

Keputusan Menteri Kelautan dan perikanan Republik Indonesia nomor 4 / Kepmen-kp /2014 , memberikan perlindungan penuh kepada pari manta diseluruh wilayah perairan Indonesia yang luasnya mencapai 5,8 juta kilometer dan kini Indonesia menjadi wilayah perlindungan pari manta terbesar didunia.

Namun , walaupun telah ditetapkan peraturan akan larangan tangkap terhadap pari manta , penangkapan masih terjadi . seperti halnya yang kami temui di pasar tanjung luar Lombok timur . nelayan dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia menjual hasil tangkapannya seperti manta dan juga hiu di pasar ini.

Tak hanya pari manta dan hiu yang ada di pasar ini , jenis mobula rays pun kami temukan dalam keadaan mati di lantai tempat pelelangan ikan. sebuah pemandangan yang sangat menyedihkan , terlebih sangat sulit sekali menemukan pari jenis ini saat menyelam.

Semakin terancamnya populasi manta yang ada di indonesia , membuat para aktifis dan peneliti baik yang berasal dari indonesia maupun luar negeri ikut aktif dalam menyuarakan pentingnya untuk menjaga populasi manta yang ada di perairan indonesia.

Share Button

Comments

comments