Inilah VW Kodok Tercepat Sepanjang Masa

Share Button

024672800_1474343629-capture

 

Berita Otomotif, AonBerita.com – Inilah VW Kodok Tercepat Sepanjang Masa, Volkswagen (VW) Beetle, atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan VW Kodok, adalah mobil ikonik yang terkenal bukan karena kecepatan yang ditawarkan, melainkan bentuknya yang unik.

Namun demikian hal ini tidak menyurutkan langkah California tuner THR Manufacturing untuk mencatatkan rekor kecepatan dengan mobil ini. Atas kerja sama langsung dengan VW, mereka berhasil membuat mobil VW Kodok tercepat sepanjang masa, sejak mobil ini pertama kali dibuat pada 1936 silam.

Bertempat di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat (AS), VW Kodok yang diberi embel-embel `LSR` di akhir namanya ini berhasil mencatatkan kecepatan hingga 330,1 km/jam. Demikian seperti yang dikutip dari Top Gear.

“Melebihi 200 mil/jam (321 km/jam) di dalam Beetle LSR adalah sensasi yang serius. Kami punya tenaga lebih bahkan untuk lebih cepat dari itu kalau daratan tidak begitu samar,” ujar Preston Lerner, sang pengendara.

Modifikasi ekstrem memang tak terelakkan agar VW Kodok ini bisa mencapai kecepatan yang maksimal. Mesin dirombak sedemikian rupa, dengan penambahan turbo, piston, camshaft, dan batang penghubung baru.

Alhasil, mesin EA888 TSI four-cylinder baru ini mampu semburkan tenaga hingga 550 Tk dan torsi 571 Nm. Tak heran jika di bagian belakang mobil ditambahkan parasut agar pengereman bisa lebih maksimal.

“Beetle bukanlah mobil yang paling aerodinamis dalam portofolio kami. Jadi berlari 330 km/jam adalah bukti tenaga yang bisa dihasilkan dari mesin,” ujar Hendrik Muth, Senior Vice President, Product Marketing and Strategy, Volkswagen of America.

Agar lebih dramatis, tampilan luar kendaraan pun dimodifikasi. Sebagaimana bisa dilihat pada foto di atas, VW Kodok ini dibuat lebih rendah, dengan ban dan roda khusus, serta sejumlah ubahan lain, dengan keliran kuning-hitam.

 

AonBerita.com

Share Button

Comments

comments