Enaknya Rasa Sperma Ikan Tuna Gantikan Foie Grass

Share Button

Sperma Ikan Tuna, Aonberita.com – Di Filipina tidak ada satupun bagian tubuh hewan yang tersisakan. Semua bisa jadi santapan, termasuk sperma ikan tuna yang kelezatannya disebut-sebut bisa mengalahkan hati angsa atau foie grass, olahan asal Prancis.

Foie grass adalah salah satu makanan paling kontroversial di dunia. Banyak negara telah melarang masyarakatnya mengonsumsi lemak hati angsa ini. Pasalnya, bebek atau angsa semasa hidup dipaksa untuk makan dengan cara yang tidak lumrah. Angsa dimasukkan selang dan dialirkan makanan sampai beratnya melebihi batas normal. Secara langsung, bobot hati angsa atau bebeknya akan lebih berat dan konon rasanya akan lebih lezat dan harganya sangat mahal.

Namun, pada perayaan kuliner bertaraf Internasional, Madrid Fusion Manila yang berlangsung di Filipina tahun ini, media dan beberapa pecinta kuliner lainnya melihat tren makanan yang tidak biasa, yakni sperma ikan. Bahan makanan ini pun dianggap sebagai foie grass baru.

Ternyata, sperma ikan, terutama sperma ikan tuna ini memiliki konsistensi dan cita rasa yang mirip dengan foie grass. Kendati demikian, harga yang ditawarkan jauh lebih murah sekira Rp43 ribu per 453 gram.

Chef Margarita Fores, menyajikan sperma ikan tuna ini sebagai titik fokus hidangannya di dalam festival tersebut. Ia menegaskan bahwa sperma ikan tuna itu merupakan makanan yang umum disantap. Bahkan, cairan reproduksi hewan ini merupakan salah satu inovasi kuliner terbaru. Seperti halnya di Jepang ada sebuah makanan bernama shirako, yang terbuat dari kantung sperma ikan cod.

Fores menambahkan, di Filipina tidak ada bagian dari hewan yang terbuang. Chef ini pun membuktikannya dengan makanan berbahan sapi, babi dan kambing. Bahkan, juru masak ternama di restoran Filipina Mecha Uma, Bruce Ricketts juga menyuguhkan menu sperma dari ikan mackerel spanyol.

[ Aonberita.com ]

Share Button

Comments

comments