Berita Travel – Yang Eksotis dari Sulawesi Tengah, Air Terjun Ayus

Share Button

Berita Travel – Yang Eksotis dari Sulawesi Tengah, Air Terjun Ayus

0

Berita Travel, AonBerita- Tak habis-habisnya keindahan alam Luwuk di Sulawesi Tengah. Selain Bukit Lukapan, ada Air Terjun Ayus yang tak kalah eksotis.

Air Terjun Ayus terletak 2 Km dari Air Terjun Piala di kelurahan Hanga-hanga, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. detikTravel mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi si eksotis Ayus atas undangan Donggi-Senoro LNG.

Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Laumarang ini tersembunyi dengan rapat di balik bukit. Nama Laumarang merupakan pemilik tanah kawasan tersebut zaman dahulu.

Kawasan ini namanya Ayus, tapi karena dulu yang punya namanya Laumarang jadi biar lebih gampang dicari makanya disebut Laumarang,kata Ano, warga yang tinggal di sekitar kawasan air terjun.

Trek yang akan traveler lalui jauh lebih sulit karena tertutup pipa air yang menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Hanga-hanga. Akan lebih nyaman jika traveler menggunakan alas kaki khusus tracking.

Perjalanan ke air terjun ini tidak terlalu lama, hanya sekitar 20 menit dari kedai rimba Ayus. Kedai ini bukan jalan satu-satunya namun jalur di belakang kedai lebih mudah ditempuh.

Tidak hanya naik, tapi traveler juga akan melewati trek yang menurun curam. Berpegangan dengan akar pohon dan ranting adalah cara agar tidak tergelincir ke sungai.

Suara air terjun yang jatuh ke sungai akan menggema di sepanjang perjalanan. Seakan menyambut kedatangan traveler. Oiya, jangan lupa membawa atau menggunakan lotion anti nyamuk. Jalan menuju air terjun ini banyak nyamuk.

Saat tiba di air terjun suasana seperti kabut akan menyelimuti air terjun. Tapi itu bukan kabut hanya cipratan air dari air terjun yang melayang ke udara.

Airnya yang jernih sangat menggoda untuk bermain basah-basahan. Tapi begitu keluar dari air, badan dijamin menggigil karena dingin.

Air tidak hanya berasal dari atas tapi juga dari gua yang ada di pojok bawah tebing. Wah, sumber air di kawasan ini sungguh melimpah ya.

Air Terjun Ayus memang masih belum populer seperti Air Terjun Piala. Tapi keeksotisannya sudah mulai terdengar oleh masyarakat luas. Buktinya sampah plastik sudah ada di pinggir sungai.

Bagi yang tidak bisa berenang harua hati-hati. Karena bentuk sungai di bawah air terjun ini dalam dan berbatu.

Sekali lagi, keindahan alam sulawesi memang tidak ada habisnya ya. Yuk kita jaga alam kita dengan tidak meninggalkan bekas apapun kecuali jejak kaki ya.

[aonberita]

Share Button

Comments

comments