Berita Travel – Turis Malaysia Dominasi Tingkat Kunjungan ke Lombok

Share Button

Berita Travel – Turis Malaysia Dominasi Tingkat Kunjungan ke Lombok

Turis Malaysia Dominasi Tingkat Kunjungan ke Lombok

Berita Travel, AonBerita-  Per 1 Desember 2016, sudah ada 2,9 Juta wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Dari angka sebanyak itu, turis asal Malaysia mendominasi junlah kunjungan.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Lalu Muhammad Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB. seusai meluncurkan Kalender Event Pariwisata Lombok Sumbawa 2017, Faozal mengatakan turis asal Malaysia masih mendominasi tingkat kunjungan ke Lombok.

Kami punya 2 flight ke Kuala Lumpur (KL). KL juga kan jadi hub dari beberapa negara. Sampai saat ini turis dari Malaysia masih mendominasi. Baru Australia, Eropa, terutama UK, Prancis, dan Belanda yang trennya naik sekali. Kalau untuk Italia sekarang sedang minus jumlahnya,ungkap Faozal di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta.

Namun Faozal tidak merinci angka pasti berapa jumlah kunjungan turis dari masing-masing negara tersebut. Selain Malaysia, negara dari Benua Asia lain yang mulai mengincar Lombok sebagai destinasi liburan adalah Korea, serta China.

Kalau Korea, kebanyakan dari mereka Honeymoon ke Lombok. China juga mulai ada, kebanyakan mereka dari Bali terus ke Lombok. Kalau turis Australia rata-rata marine tourism, mereka bisa menghabiskan 5-6 hari liburan. Kalau Asia, rata-rata 3-4 hari, imbuh Faozal.

Kembali ke turis asal Malaysia, Faozal menyebutkan bahwa karakteristik turis asal negeri Jiran ini mirip-mirip dengan turis lokal asal Indonesia. Mereka juga gemar belanja, dan gemar berwisata kuliner.

Kalau turis Malaysia lebih mirip ke kita. Mereka suka belanja-belanja, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Trennya sekarang, mereka hanya transit ke Bali, kemudian langsung connecting ke Lombok,ucap Faozal.

[aonberita]

Share Button

Comments

comments