Berita Travel – Sungai Unik & Air Terjun Cantik dari Deli Serdang

Share Button

Berita Travel – Sungai Unik & Air Terjun Cantik dari Deli Serdang

img_20151209021649_56672ca1a7b52

Berita Travel, AonBerita- Deli Serdang punya destinasi alam unik berupa sungai panas dingin, serta 3 air terjun cantik yang bisa traveler kunjungi. Sangat cocok untuk melepas penat di akhir pekan.

Negeri Suah yang berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara adalah sebuah desa sudah cukup dikenal di kalangan komunitas pencinta alam kota Medan sebagai objek wisata alam yang unik karena di sini terdapat sungai yang memiliki dua rasa dan 3 air terjun yang cantik yaitu Air Terjun Sampuren Suah, Air Terjun Namo Percikuhen dan Air Terjun Sikulikap Negeri Suah.

Sungai Dua Rasa sendiri adalah sebuah sungai yang unik karena menghadirkan dua rasa yakni rasa panas dan dingin sekaligus dalam satu sungai. Sensasi dua rasa tersebut terbentuk akibat bercampurnya dua aliran air dari dua sumber yang berbeda dan memiliki suhu yang berbeda pula.

Aliran air sungai yang terasa panas mengalir di sisi kiri sungai. Air panas ini bersumber dari sumber mata air panas Siburak yang berada di bantaran kiri sungai dan berbentuk seperti kawah kecil. Air panas ini juga mengandung belerang yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan kulit.

Sedangkan aliran air yang terasa dingin mengalir di sisi kanan sungai. Air dingin ini bersumber dari aliran Sungai Lau Jabi. Dua aliran air inilah yang kemudian menyatu sehingga menghadirkan sensasi dua rasa di Sungai Dua Rasa ini.

Hanya berjarak beberapa ratus meter dari sungai unik ini, terdapat pula satu air terjun cantik yang bernama Air Terjun Sampuren Suah. Air terjun ini cukup indah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Aliran airnya yang cukup deras mengalir di tebing batu yang landai.

Jika diperhatikan maka terlihat sedikit mirip dengan Air Terjun Mursala. Airnya pun cukup jernih dan segar, bahkan bebatuan yang berada di dasar kolam air terjun juga bisa terlihat jelas sehingga asyik untuk mandi-mandi di bawah air terjunnya.

Di belakang air terjun ini tersaji pemandangan hijau dari persawahan penduduk sehingga kesannya benar-benar alami dan asri dan pastinya bisa menyegarkan mata. Jika melewati persawahan tersebut, maka kita kan menjumpai satu air terjun lagi yang bernama Air Terjun Namo Percikuhen.

Meski  air terjunnya tidak setinggi Air Terjun Sampuren Suah, tetapi air terjun ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Sejumlah batu-batu besar menghuni kaki air terjun itu, menjadikan air tumpahan air terjun memecah menjadi beberapa bagian, menghadirkan sensasi tersendiri.

Yang terakhir, di desa ini terdapat Air Terjun Sikulikap Negeri Suah. Air terjun ini berada tepat di pinggir jalan masuk menuju Negeri Suah sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Air Terjun Sikulikap Negeri Suah tidaklah seberapa tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter tetapi air terjun ini memiliki keindahan yang tidak kalah menarik.

Air Terjun Sikulikap Negeri Suah ini memiliki beberapa tingkat. Airnya yang jernih dan segar mengalir di celah bebatuan yang cukup besar sedangkan di sekeliling aliran air terjun terdapat pepohonan yang cukup rindang dan lebat sehingga menambah kesan eksotis air terjun ini.

Itulah beberapa potensi wisata alam yang berada di Negeri Suah, sebuah desa yang berada di pedalaman Hutan Bukit Barisan. Sungguh potensi wisata yang cukup menarik dan keren untuk dikunjungi traveler.

[aonberita]
Share Button

Comments

comments