Berita Travel – Seharian Keliling London, Begini Caranya

Share Button

Berita Travel – Seharian Keliling London, Begini Caranya

Big Ben

Berita Travel, AonBerita- London di Inggris punya aneka objek wisata keren yang lokasinya berdekatan. Dalam seharian keliling pun banyak tempat yang bisa didatangi.

Jika Anda mempunyai satu hari di London atau baru pertama kali datang ke kotanya Ratu Elizabeth ini dan ingin melihat seperti apakah London secara garis besar, maka saran saya adalah menyusuri Sungai Thames dengan berjalan kaki.

Sungai Thames melewati banyak tempat terkenal di sepanjang sisinya. Anda akan melihat cukup banyak tempat menarik di London dengan biaya yang sangat minimal. London merupakan kota yang sangat mahal tetapi banyak hal-hal gratis yang bisa dilakukan, dan ini merupakan salah satunya.

Saya menyusuri Sungai Thames di hari pertama saya berlibur di Eropa beberapa waktu lalu, dan itu ide brilian. Saya naik London Underground atau yang biasa disebut dengan Tube dari stasiun bawah tanah terdekat yaitu King’s Cross dan turun di stasiun bawah tanah Tower Hill.

Pada saat itu saya tidak mempunyai peta atau internet maka saya hanya mengikuti arus saja, yang ternyata membawa saya ke tempat ikonik pertama yaitu Tower of London. Saya tidak masuk ke dalamnya.

Tapi jika Anda pecinta sejarah atau berminat maka Anda bisa masuk dengan membeli tiket seharga 22.50 Poundsterling (Rp 391 ribu), yang menurut saya cukup mahal. Tetapi saya mendengar dari teman yang pernah masuk ke dalam, bahwa Tower of London merupakan tempat yang sangat menarik.

Saya hanya melewati Tower of London dan masih mengikuti arus lagi, dan di sanalah berdiri salah satu jembatan yang paling dikenal di dunia yaitu Tower Bridge. Jembatan tersebut sangat megah, indah, dan berwarna biru muda. Dari sekitar sana juga Anda bisa melihat Gherkin Tower dan The Shard yang merupakan gedung tertinggi di London yang kerap kali muncul dalam film-film.

Setelah mengambil begitu banyak foto, saya menaiki Tower Bridge untuk sampai di sisi seberang sungai dan melanjutkan perjalanan ke arah barat. Tidak lama kemudian saya menemukan Borough Market secara tidak sengaja.

Borough Market merupakan pasar yang cukup besar di London dengan lebih dari 100 gerai yang menjual berbagai macam kebutuhan mulai dari daging, ikan, sayuran, buah-buahan, keju, roti, kue, kopi, sampai bunga. Setelah kunjungan singkat ke Borough Market, saya kembali ke sisi sungai dan melanjutkan perjalanan.

Tempat perhentian selanjutnya adalah Millennium Bridge dan St Paul’s Cathedral di seberang sungai. Saya menaiki jembatan itu sampai setengah jalan untuk mendapatkan foto yang bagus dari St Paul’s Cathedral. Di area sana juga terdapat museum Tate Modern dan Shakespear’s Globe.

Setelah mengambil cukup banyak foto, saya kembali ke sisi sungai semula dan berjalan terus sampai di daerah South Bank, tempat di mana banyak pertunjukan jalanan. Saya menonton salah satu di antaranya yang merupakan pertunjukan sirkus.

Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan London Eye, yang merupakan bianglala tertinggi di Eropa. Dengan tinggi 135 meter, Anda dapat melihat Kota London dari ketinggian dan pemandangannya luar biasa.

Satu kapsul London Eye, dapat mengangkut sekitar 20 orang, satu putarannya kurang lebih menghabiskan 30 menit, dan harga tiketnya adalah 21.2 Poundsterling (Rp 368 ribu). Jika Anda takut ketinggian, maka tidak perlu menaiki London Eye, cukup mengambil fotonya saja dari seberang sungai.

Di area tersebut juga terdapat London Dungeon yang merupakan museum sejarah mengerikan yang menampilkan reka ulang dari peristiwa kejam yang terjadi di Inggris, tetapi disajikan dengan cara lucu dan menghibur. Bagi Anda pecinta horor maka London Dungeon mungkin merupakan atraksi yang cocok kunjungi.

Di seberang sungai, Anda akan menemukan Gedung Parlemen Inggis atau yang biasa dikenal dengan Big Ben. Big Ben sangat indah baik siang hari maupun malam hari. Saya pribadi lebih suka Big Ben saat malam hari karena diterangi cahaya lampu berwarna kuning yang membuat Big Ben tampak sangat agung, megah, dan indah.

Tempat terbaik untuk mendapatkan foto Big Ben adalah di seberang sungai. Jika datang dari arah London Eye, seberangi jalan (bukan jembatan), lalu cari tangga yang menuju sisi sungai, dan Big Ben akan berada tepat di depan Anda dipisahkan oleh Sungai Thames.

Waktu saya ke sana, tidak terlalu banyak orang di tempat itu karena kebanyakan orang langsung menyeberangi jembatan untuk melihat Big Ben lebih dekat. Jika Anda menyeberangi Jembatan Westminster maka Anda akan tiba di area Westminster. Di area tersebut ada satu stasiun bawah tanah yang bisa Anda gunakan untuk kembali ke hotel atau mengunjungi tempat lainnya di London.

Jarak yang ditempuh dari titik awal di stasiun bawah tanah Tower Hill sampai Big Ben kurang lebih berjarak 4,4 km yang normalnya dapat ditempuh selama sekitar 1 jam berjalan kaki. Saya pribadi menghabiskan waktu 6-7 jam karena mampir di berbagai tempat dan banyak berhenti untuk beristirahat dan menikmati suasana.

Dan lebih mencengangkan lagi, saya tidak menghabiskan uang sepeserpun karena saya tidak masuk ke tempat-tempat wisata, walaupun naik London Eye keesokan harinya, dan tidak membeli apapun.

 

[aonberita]

Share Button

Comments

comments