Berita Travel – Panorama Indah Merbabu Lewat Jalur Suwanting

Share Button

Berita Travel – Panorama Indah Merbabu Lewat Jalur Suwanting

0

Berita Travel, AonBerita-  Ada sejumlah jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu di Pulau Jawa. Salah satu yang patut dicoba adalah via Suwanting.

Gunung Merbabu memiliki puncak tertinggi bernama Kenteng Songo dan Triangulasi yang berada di ketinggian sekitar 3.142 mdpl. Gunung Merbabu sendiri berada di antara Magelang, Salatiga, serta Boyolali. Adapun jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu antara lain via selo (Boyolali), via kopeng (Salatiga), via wekas (Magelang), via suwanting (Magelang).

Pendakian kali ini akan kami lakukan via Suwanting. Kami terdiri dari 4 orang yang berasal dari klaten. Perjalanan kali ini akan diawali dengan perjalan darat menggunakan motor dari klaten menuju Magelang. Perjalanan menuju basecamp Suwanting kurang lebih 2 jam melewati jalan Boyolali-Semarang.

Sesampainya di basecamp, kami mempersiapkan barang untuk selanjutnya memulai perjalanan untuk mengalahkan diri kami sendiri. Sebelum memulai pendakian, kami melakukan registrasi Rp 3.000/orang dan Rp 5.000/motor.

Perjalanan menuju pos 1 dari basecamp memerlukan waktu 30 menit, dengan track yang lumayan landai dengan view perkebunan dari persawahan. Setelah itu kami beristirahat dulu, setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju pos 2, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam. Kami memutuskan untuk mendirikan tenda di pos 2 ini.

Keesokan harinya jam 4 kami melakukan summit attack, menuju pos 2 membutuhkan waktu kurang lebih 2-2,5 jam karena medan yang cukup berat. Sesampainya di pos 3 untuk menuju ke puncak Suwanting kurang lebih 45 menit dengan view savana dan Merapi dengan gagahnya yang memanjakan mata para pendaki.

Setelah itu perjalanan menuju puncak Triangulasi membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Sesampainya di puncak kami menikmati dahulu pemandangan yang ada, kuasa Tuhan memang indah jika kita senantiasa menjaga.

Kami memutuskan turun pada hari itu juga, kami turun ke pos 2 kurang lebih 2-3 jam karena kami sambil foto-foto dulu. Setelah sampai pos 2 kami packing buat turun ke basecamp. Perjalanan turun kurang lebih 1,5-2 jam.

Akhirnya kami sampai basecamp dengan selamat. Terimakasih Merbabu atas perjalanannya, terimakasih Tuhan sudah senantiasa menyertai dalam setiap langkah. Akhirnya pada hari itu kami langsung pulang ke klaten dengan rasa capek tapi senang.

 

 

[aonberita]

Share Button

Comments

comments