Berita Travel – Mumpung Libur Tahun Baru, Yuk Rafting di Probolinggo

Share Button

Berita Travel – Mumpung Libur Tahun Baru, Yuk Rafting di Probolinggo

img_20151230093451_568342cb0fdb2

Berita Travel,AonBerita – Bagi para pencinta rafting, belum lengkap rasanya jika belum mencoba rafting di Sungai Pekalen Atas, Porbolinggo. Mumpung masih suasana libur Tahun Baru, yuk main-main ke sana!

Sungai Pekalen Atas terletak di Desa Ranu Gendang, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur. Jika ditempuh dari Malang maka membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Sumber mata air sungai ini berasal dari gunung Lamongan dan Gunung Argopuro.

Mengapa disebut Surga Rafting? Jarak tempuh rafting cukup jauh yaitu 12 KM atau dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3,5 Jam. Pemandangan yang indah yaitu 7 air terjun (tempat istirahat sekaligus foto), deretan gua yang penuh dengan kelelawar (tentunya kita akan mencium bau dari kotorannya).

Dan yang pasti Sungai Pekalen Atas menyajikan kurang lebih 50 jeram dengan nama-nama yang unik (sulit untuk menghapalnya), misal Welcome (jeram penyambutan), Pandawa, Batu Jenggot, Rajawali, The Fly Matador, Cucok Rowo, Good Bye, dan yang paling fenomenal adalah Jeram Inul. Disebut jeram Inul karena wisatawan wajib bergoyang saat melewati jeram ini. Pemberian nama jeram tentu ada filosopinya, namun saya tidak bisa mengingat semuanya.

Rafting kali ini kami memakai sebuah tempat jasa adventure yaitu Songa Atas Adventure. Sebelum Rafting wisatawan akan dibriefing terlebih dahulu oleh masing-masing pemimpin regu. Disini wisatawan dijelaskan beberapa teknik dan kode kode saat rafting seperti boom (semua wisatawan harus berkumpul di tengah perahu karet), ada juga di saat tertentu wisatawan disebelah kiri harus pindah kesebalah kanan atau sebaliknya, ada juga istilah off (dayung diangkat), dan sebagainya.

Ada 2 tempat peristirahat selama rafting ini yang pertama pada pertengahan jarak rafting, disini wisatawan disajikan segelas teh dan pisang goreng. Yang kedua di 7 air terjun yang menjadi icon dari rafting ini. Pemandangan yang disajikan sungguh keren. Di sini Wisatawan diberi kesempatan untuk mengambil foto sekaligus beriistirahat.

Saat rafting usai, wiatawan akan di jemput oleh kendaraan bak terbuka (sama seperti saat berangkat). Lalu wisatawan dapat mandi atau bilas, setelah itu dapat menikmati sajian makan siang dengan menu yang ajiib tentunya. Saran dari saya, sebelum rafting ada baiknya memastikan kondisi debit air dengan menghubungi pihak adventure.

[aonberita]

Share Button

Comments

comments