Berita Travel – Liburan Bareng Penyu di Ujung Genteng

Share Button

Berita Travel – Liburan Bareng Penyu di Ujung Genteng

0

Berita Travel, AonBerita- Sudah tahu mau ke mana akhir pekan ini? Liburan ke Ujung Genteng di Jawa Barat saja. Selain pantai yang indah, terdapat penangkaran penyu hijau yang menggemaskan.

Pantai Pangumbahan adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi di Kawasan wisata Ujung Genteng. Pemandangan indah kolaborasi birunya air laut dengan hamparan pasir putih memanjang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang juga menjadi favorit para peselancar karena memiliki ombak setinggi dua sampai tiga meter.

Selain itu, yang membuat anti mainstream adalah adanya penangkaran penyu hijau di daerah pantai pangumbahan ini. Konservasi penyu ini dibawahi oleh kementrian kelautan dan perikanan dan buka siang maupun malam. Disini pengunjung bisa melihat bagaimana telur – telur penyu yang baru ditetaskan oleh induknya di tangkarkan untuk suatu saat tukiknya dilepaskan di laut lepas.

Salah satu atraksi yang paling ditunggu oleh pengunjung adalah melihat secara langsung penyu bertelur. Biasanya penyu tersebut akan naik ke daratan pantai untuk bertelur dan dilakukan malam hari saat suasana sepi dan sunyi. Oleh karena itu, pengunjung dihimbau untuk tidak menimbulkan kegaduhan apapun saat penyu tersebut mulai prosesi bertelurnya. Jikalau penyu tersebut merasa terganggu maka penyu tersebut akan berhenti dan kembali ke laut lepas.

Untuk melihat penyu ini bertelur cukup membawa peralatan sederhana seperti senter dan baju hangat karena angin dari laut cukup kencang. Pengunjung biasanya akan berjalan berombongan dengan satu pemandu yang akan menjelaskan proses demi proses. Telur penyu yang dihasilkan mencapai ratusan butir dan segera dilidungi oleh petugas dari pencurian maupun predator. Setelah menetas dan menjadi tukik, proses selanjutnya adalah melepaskan mereka kembali ke habitat aslinya dilaut.

Nah buat kalian yang tertarik berkunjung untuk melihat si penyu bertelur bisa datang saat musim bertelur sekitar bulan November.

[aonberita]

Share Button

Comments

comments