Berita Travel – Hutan Pinus Mangunan yang Kini Ramai Wisatawan

Share Button

Berita Travel – Hutan Pinus Mangunan yang Kini Ramai Wisatawan

c8262936-079e-4b3d-8724-114643055320_169

Berita Travel, AonBerita-  Selain Gunung Pancar di Bogor, Mangunan di Yogyakarta juga berandil besar dalam tersebarnya foto hutan pinus yang ‘instagenic’. Kawasan itu kini ramai turis.

Kalau melihat foto-foto hutan pinus di DI Yogyakarta, hampir bisa dipastikan foto itu diambil di kawasan Mangunan. Hutan Pinus Mangunan, begitu nama lokasi tersebut, terletak di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jika melihat foto-foto yang beredar di social media terutama Instagram, hutan pinus tersebut tampak sepi dan jarang dijamah wisatawan.

Nyatanya, Hutan Pinus Mangunan sudah jadi objek wisata yang dibilang mainstream di Yogyakarta. Saat detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu, tak sedikit wisatawan yang datang. Mobil dipatok Rp 10.000, sementara motor Rp 3.000.

Masuk Hutan Pinus Mangunan lewat gerbang yang tersedia, traveler akan disuguhi pemandangan hammock warna-warni yang menggantung dari satu pohon pinus ke pohon pinus lainnya. Rupanya hammock aneka warna ini juga jadi objek foto andalan.

Namun meski ramai turis, banyak spot sepi yang cocok untuk berfoto ria. Hutan pinus ini menempati area seluas 500 hektar. Terdapat juga aneka jenis pohon lainnya, salah satunya mahoni.

Kalau ingin tempat yang lebih sepi, ikuti saja jalan besar melewati Hutan Pinus Mangunan. Sekitar 3 Km setelahnya ada Puncak Becici, kawasan hutan pinus yang juga merupakan spot melihat Yogyakarta dari ketinggian. Di sini juga terdapat gardu pandang, sama seperti yang ada di Kalibiru.

Tempat-tempat yang kini menyandang titel sebagai destinasi wisata memang tak lagi sepi. Namun jika ingin melihat lanskap dan kehidupan asli masyarakat Bantul, melipir saja ke desa-desa yang terletak di sekitarnya. Anda akan menemukan banyak spot foto keren, dari semburat cahaya matahari sampai sapi yang sedang asyik merumput.

Tak sulit mencapai kawasan Hutan Pinus Mangunan. Dari Kota Jogja, bertolaklah ke Jalan Imogiri Timur. Di pertigaan Imogiri, belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Ketika sampai di pertigaan lagi, belok kanan ke arah Mangunan

[aonberita]

Share Button

Comments

comments