Berita Travel – Ada Istana di Atas Bukit Batu

Share Button
Berita Travel – Ada Istana di Atas Bukit Batu , Sebuah istana tidak melulu ada di atas bukit hijau atau padang rumput yang luas. Di Yaman misalnya, ada sebuah istana di atas bukit batu yang sangat unik.

b07d300f-0029-49d8-b23d-3274e892a1f9_169

Adalah Dar Al Hajar, sebuah istana batu yang menjadi ikon dari Negara Yaman di Timur Tengah. Istana tersebut memang tidak biasa, karena berdiri di atas tumpukan batu alami yang berada di Lembah Wadi Dhahr. Jaraknya sekitar 15 km dari ibu kota Sanaa.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2016), istana batu tersebut merupakan kreasi dari seorang tokoh spiritual Islam yang dikenal sebagai Imam Yahya Muhammad Hamiddin. Diketahui pembangunannya dilakukan pada tahun 1930.

Sejatinya istana batu tersebut dibangun oleh Yahya sebagai tempat kediaman musim panasnya. Lokasi istana yang berada di tengah oasis memang menjadikan Istana Dar Al Hajar sangat strategis dan nyaman kala itu.

Namun sayang, pada tahun 1948 sang imam dibunuh di kediamannya tersebut. Kini istana tersebut telah direnovasi dan dijadikan museum yang terbuka untuk umum. Siapa pun beoleh berkunjung secara cuma-cuma atau gratis!

Dengan berkeliling di dalam istana lima lantai tersebut, traveler akan dibuat kagum dengan bangunan berarsitektur Yaman yang masih terjaga itu. Melihat bagian dapur hingga gudang penyimpanannya, traveler seakan dibawa ke masa di mana Imam Yahya hidup.

Walau arsitektur Istana Dar Al Hajar sangat otentik di dalam, tapi keindahan yang sesungguhnya hanya dapat dilihat dari luar. Istananya seakan tampak menumpuk dan menempel pada sebuah batu. Tentu perlu keterampilan khusus untuk membuat istana seperti itu.

 

Share Button

Comments

comments