Berita Travel – 6 Tips Menjaga Uang Saat Traveling

Share Button

Berita Travel – 6 Tips Menjaga Uang Saat Traveling

184408_turrrist

Berita Travel, AonBerita-  Saat liburan, traveler harus memikirkan juga soal keamanan uang yang dibawa. Simak 6 tips berikut menjaga uang saat traveling.

6 Tips ini akan berguna bagi traveler, agar tidak terjadi kasus pembobolan kartu kredit atau debet, inilah 6 tips aman menjaga uang saat traveling.

1. Beritahu pihak bank sebelum traveling

Hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu Anda agar dapat digunakan di luar negeri. Traveler juga dapat menon-aktifkan kartu untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.

2. Manfaatkan perlindungan yang ditawarkan

Gunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

3. Periksa kembali daftar belanja

Periksa kembali catatan transaksi pembayaran Anda secara rutin selama Anda travelling. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki oleh bank penerbit kartu atau melalui internet browser. Pastikan hal tersebut dilakukan hanya melalui jaringan Wi-Fi pribadi agar makin aman.

4. Simpan nomor penting di kontak ponsel

Simpanlah nomor-nomor telepon penting, baik lokal dan internasional, yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika traveler harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.

5. Tetap waspada

Pastikan traveler tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

6. Lindungi diri dengan password

Untuk memastikan informasi yang dimiliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop saat travelling. Traveler juga dapat mengatur setiap perangkat untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain yang berada dalam perangkat gadget agar tetap aman dan terlindungi.

[aonberita]

Share Button

Comments

comments