Berita Travel – 5 Alasan Kamu Harus Coba Jelajah Taman Nasional Komodo

Share Button

Berita Travel – 5 Alasan Kamu Harus Coba Jelajah Taman Nasional Komodo

0

Berita Travel, AonBerita- Taman Nasional Komodo baru saja ulang tahun yang ke-37. Sejak dulu taman nasional ini menawarkan pesona alam memesona dan tentunya pengalaman liburan seru.

Traveler yang senang menjelajah takkan bosa wisata ke Taman Nasional Komodo (TNK) di Nusa Tenggara Timur. TNK pertama kali dikukuhkan pada tanggal 6 Maret 1980, dan tahun ini usianya telah mencapai 37 tahun.

Luas taman nasional ini mencapai 173.300 hektar, meliputi daratan dan lautan. Ada 5 pulau utama, beberapa di antaranya adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Selama ini banyak traveler lokal hingga mancanegara, termasuk selebriti seperti Gwyneth Paltrow dan pembalap Valentino Rossi, telah menikmati liburan seru di kawasan TNK. Kawasan taman nasional ini memang memiliki alam yang begitu indah, sekaligus menjadi habitat bagi komodo yang langka.

1. Bertemu langsung dengan komodo

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama taman nasional ini adalah komodo. Traveler bisa bertemu langsung dengan hewan langka itu di habitat aslinya. Biasanya traveler akan diajak ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, buat trekking sambil mencari komodo.

Di kedua pulau tersebut ada pilihan trek short, medium atau long, traveler tinggal pilih saja ingin yang mana. Saat trekking ada ranger yang akan menemani sambil menceritakan berbagai hal menarik tentang komodo.

Kalau mau foto-foto bersama komodo juga bisa. Tapi tetap harus dari jarak aman. Ranger juga akan membantu mengambilkan foto dari angle yang tepat, sehingga walaupun berjauhan dengan komodo tapi hasil fotonya tetap oke punya.

2. Banyak pulau dan pantai cantik

Selain bertemu komodo, banyak juga pulau-pulau cantik yang bisa dikunjungi. Sebut saja Gili Laba dan Pulau Padar. Kalau di Pulau Padar misalnya, wisatawan harus siapkan stamina untuk menanjak, karena pemandangan memesona terlihat dari puncak perbukitan di pulau ini.

Kemudian ada pula pantai pink yang unik. Tak hanya satu, bahkan ada dua pantai dengan hamparan pasir yang tampak berwarna pink yaitu Pantai Pink dan Pantai Namong.

3. Island hopping dengan view memesona

Untuk mengunjungi pulau-pulau cantik di TNK, silakan menyewa kapal yang berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo. Baisanya traveler akan mengambil paket wisata 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam untuk jelajah pulau-pulau di sana.

Selama berlayar dari satu pulau ke pulau lainnya rasanya tak cepat bikin bosan. Selain jarak antar pulau yang tak terlalu jauh, sekitar 1-2 jam sudah bisa dicapai, pemandangan sekitar juga begitu memanjakan mata.

4. Destinasi snorkeling terbaik dunia

Perairan di kawasan Taman Nasional Komodo masuk sebagai salah satu spot snorkeling terbaik dunia versi CNN. Terumbu karang dan pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo memang sangat terlindungi karena termasuk area Situs Warisan Dunia UNESCO. Oleh karena itu tumbuhan serta hewan bawah lautnya masih alami dan dapat berkembang dengan sempurna.

Banyak spot snorkeling yang menarik dicoba, seperti Manta Point dan sekitar Pantai Pink. Untuk peralatan snorkelingnya, traveler bisa membawa sendiri dari rumah atau pun sewa saat di Labuan Bajo.

5. Berbagai sisinya cantik buat difoto

TNK begitu digemari pecinta fotografi, baik daratannya maupun bawah lautnya. Sejauh mata memandangan tampak pulau yang berbukit-bukit dengan perairan yang biru. Pulau Padar misalnya, dengan view perbukitan yang diapit dengan tiga teluk dan air laut bergradasi biru. Bagaikan sepotong surga di bumi.

 

[aonberita]

Share Button

Comments

comments