Berita Selebritis – Pemenang Oscar Tunggu Kode PGA

Share Button

Berita Selebritis – Pemenang Oscar Tunggu Kode PGA – Academy Awards 2016 atau Piala Oscar memang baru akan dihelat pada 28 Februari mendatang. Namun, tanda-tanda pemenang film terbaiknya kemungkinan bisa diketahui pada hari ini, Sabtu (23/1) waktu Amerika Serikat atau Minggu (24/1) pagi waktu Indonesia.

Berita Selebritis - Pemenang Oscar Tunggu Kode PGA
Berita Selebritis – Pemenang Oscar Tunggu Kode PGA

Pasalnya, pada tanggal tersebut akan digelar Producers Guild Awards (PGA) yang nyaris selalu berhasil memprediksi pemenang Best Picture dalam Piala Oscar. Sejak 2010, pemenang film terbaik Oscar memang selalu “mengikuti” pilihan film terbaik versi PGA. Pada tahun itu, PGA memenangkan kuda hitam The Hurt Locker , mengalahkan Avatar yang digadang-gadang akan menyabet penghargaan tertinggi di Oscar. Namun nyatanya, Oscar turut memenangkan film karya Kathryn Bigelow tersebut.

Berturut-turut kemudian diikuti The KingThe Kings Speech yang mengalahkan The Social Network pada 2011; The Artist pada 2012; Argo pada 2013; dan tahun laluBirdman mengungguli Boyhood , film milik Richard Linklater yang memenangkan banyak penghargaan termasuk film terbaik di Golden Globes Awards dan British Academy Film Awards.

Dalam kurun waktu tersebut, PGA hanya satu kali gagal “memengaruhi” juri Oscar untuk mengikuti pilihannya. Pada 2014 saat Oscar menobatkan 12 Years a Slavesebagai film terbaik. Saat itu pun, sebenarnya PGA memberikan hasil seri dan membagi dua hadiah film terbaiknya untuk 12 Years of Slave dan Gravity . “Kalau ada hasil seri dalam piala Oscar, maka akuntan biasanya akan mengambil alih dan menentukan keputusan,” tulis situs thewrap.com yang meliput berbagai berita seputar Hollywood.

“Umumnya, para juri akan meloloskan film drama yang ceritanya kelam.” Kemampuan PGA membaca pemenang film terbaik Oscar disebut karena sistem pemilihan kedua penghargaan ini punya kemiripan dibanding dengan banyak penghargaan lainnya. Jika berdasarkan kemiripan tersebut, lalu siapakah calon terkuat pemenang Oscar berdasarkan prediksi dari PGA?

Ada empat film yang disebut, yaitu The Big Short, Spotlight, The Revenant, danMad Max: Fury Road . Ditambah satu lagi yang bisa menjadi kejutan, yaituThe Martian . Pertarungan ini menjadi menarik, karena Spotlight dan The Big Shortmasuk menjadi nominator editing terbaik. Ini adalah kategori penting yang menjadi penanda dua film tersebut adalah kandidat kuat untuk film terbaik. Keduanya juga masuk dalam nominasi skenario terbaik, kategori yang pemenangnya biasanya bergandengan erat dengan pemenang film terbaik.

Meski begitu, The Revenant dan Mad Max: Fury Road menjadi dua film terbanyak yang meraih nominasi, masingmasing 12 dan 10. Sementara Spotlight hanya meraih 6 nominasi dan The Big Short menjadi nominator di 5 kategori.

Berita Selebritis – Pemenang Oscar Tunggu Kode PGA

(Berita Selebritis)

Share Button

Comments

comments