Berita Bola Terpercaya – Pemain Naturalisasi Tak Selalu Lebih Oke, PSSI Harus Fokus Pembinaan

Share Button

Berita Bola Terpercaya – Pemain Naturalisasi Tak Selalu Lebih Oke, PSSI Harus Fokus Pembinaan

 

Rencana PSSI untuk melakukan naturalisasi terhadap pemain dinilai kurang tepat. Hal itu secara tidak langsung menjadi gambaran bahwa PSSI tidak mampu dalam proses pembinaan dan pembibitan pesepakbola berbakat di Indonesia.

Ezra Walian menjadi pemain yang akan dinaturalisasi dan disebut-disebut dipersiapkan untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Pemain muda Ajax Amsterdam itu pun sudah mengantongi surat rekomendasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Berita Bola Terpercaya

Sebelum Ezra, PSSI sempat melakukan naturalisasi terhadap sejumlah pemain pada beberapa tahun yang lalu. Di antaranya, Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo, Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran, Joey Suk, Tonny Cussel, Jhony van Buekering, Kim Jefry Kurniawan dan Stefano Lilipaly.

Namun dari sekian banyak pemain naturalisasi, mereka ada yang hanya sesaat saja yang membela timnas Indonesia. Cristian Gonzales salah satu pemain yang sempat menjadi bintang saat Piala AFF 2010 lalu. Total, dia sukses mencatatkan 29 caps dan membuat 12 gol bagi Indonesia.

Sementara Tonny Cussel dan Van Buekering kini namanya seakan menghilang di telan bumi. Keduanya hanya memperkuat Indonesia di Piala AFF 2012 lalu.

Pengamat sepakbola, Akmal Marhali, menilai naturalisasi pemain sejatinya sah-sah saja dilakukan. Namun kenyataannya, naturalisasi disebutnya hanya proyek jalan pintas untuk mengejar prestasi.

“Ini gambaran ketidakmampuan PSSI selama ini dalam proses pembinaan dan pembibitan pesepakbola berbakat. Dengan potensi besar dan SDM (Sumber Daya Manusia) 250 juta jiwa, PSSI sepertinya tidak mampu mendapatkan 18 atau 11 pemain berkualitas,” ujar Akmal kepada detiksport, Rabu (4/1).

"Berita Bola Terpercaya"
PSSi

“Naturalisasi gambaran kegagalan terhadap pembinaan sepakbola nasional dan ini harus diakui PSSI. Sebenarnya tidak ada masalah melakukan naturalisasi, tapi pengalaman sejauh ini naturalisasi seperti sebuah proyek jangka pendek. Pemain-pemain yang dinaturaliasasi faktanya tak memiliki kualitas lebih baik dari yang dimiliki Indonesia,”

“Faktanya banyak hasil naturalisasi yang disia-siakan seperti Ruben Wuarbanaran, Van Buekering, Joey Suk, Tonny Cussel bahkan sudah uzur Gonzales, Igbonefo, Van Dijk, Nwokolo, dan Maitimo. Ada juga yg bertingkah laku buruk Diego Michels.”

“Yang paling mengenaskan adalah banyak pemain naturalisasi yang masuk timnas hanya untuk memiliki pendapatan ekonomi. Bahkan, banyak yang tak mencabut kewarganegaraan sebelumnya. Ini harus dipahami dan diakui PSSI bahwa ini sebuah kesalahan,” lanjuta dia

Menurut Akmal, PSSI dan pemerintah seharusnya yakin dengan kemampuan bangsa sendiri dan bisa fokus terhadap pembinaan sepakbola muda sejak dini. Dengan demikian, Indonesia dalam beberapa tahun mendatang memiliki pemain-pemain hebat yang berbakat.

“Memberikan kewarganegaraan untuk proyek instan harganya terlalu mahal. Ini harus disadari PSSI dan Pemerintah. Sudah waktunya kita yakin dengan kemampuan bangsa sendiri. Kalau pun ada yg akan pindah kewarganegaraan (naturalisasi) biarkan berjalan sesuai hati nurani dan berdasarkan aturan yang berlaku,” katanya.

 

Berita Bola

Posted

By

www.aon333.com

Share Button

Comments

comments