Berita Bola – Imbangi Valencia Barcelona Lolor Ke Final

Share Button

Berita Bola – Imbangi Valencia Barcelona Lolor Ke Final – Barcelona lolos ke babak final Copa del Rey usai bermain imbang 1-1 dengan Valencia. Dengan hasil imbang tersebut, Barca lolos dengan agregat 8-1.

Imbangi Valencia Barcelona Lolor Ke Final

Barca sebenarnya sudah menjejakkan satu kaki di partai puncak berkat kemenangan 7-0 atas Valencia di Camp Nou, 3 Februari lalu. Namun, pelatih Barca, Luis Enrique, menyatakan tidak akan menganggap enteng pertarungan leg II di Mestalla, Kamis (11/2/2016) dini hari WIB.

Meski begitu, Enrique menurunkan mayoritas pemain lapis kedua. Tidak ada Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di starting XI ataupun di bangku cadangan. Marc Bartra dan Thomas Vermaelen dipercaya menjadi duet palang pintu. Sedangkan Sergi Samper, Adriano, dan Sergi Roberto menggalang lini tengah. Di depan, Ivan Rakitic, Sandro, dan Munir El Haddadi dijadikan trisula.

Valencia sendiri menurunkan beberapa pemain muda seperti Ruben Vezo, Ibrahim Diallo, Fran Villalba, Wilfried Zahibo, dan Santi Mina. Alvaro Negredo dijadikan ujung tombak dan menyandang ban kapten pada laga ini.

Walaupun bermain dengan mayoritas pemain lapis kedua, Barca tetap mendominasi jalannya pertandingan. ESPNFC mencatat, mereka mendominasi penguasaan bola hingga 63%. Di sisi lain, Valencia, meski tidak banyak menguasai bola, tetap bisa menciptakan peluang. Hanya saja, penyelesaian akhir mereka masih saja buruk.

Dari 12 attempts yang dihasilkan oleh Valencia pada pertandingan ini, hanya 5 di antaranya yang mengarah tepat sasaran dan akhirnya hanya 1 yang menjadi gol. Penyakit buang-buang peluang ini acapkali mereka perlihatkan ketika bertanding di La Liga.

Di babak pertama, Valencia harus mempertahankan diri dari gempuran Barca. Beruntung buat mereka, banyak peluang Barca tak mengarah tepat sasaran. Munir setidaknya memiliki dua peluang di babak pertama. Satu di menit ke-19, satu lainnya di menit ke-44. Yang pertama gagal setelah tendangannya melambung tinggi, sedangkan yang kedua gagal lantaran sundulannya dari dalam kotak penalti menyamping.

Beberapa menit sebelum peluang kedua Munir itu, tepatnya pada menit ke-39, Valencia memimpin 1-0 berkat gol yang dilesakkan oleh Negredo. Gol bermula dari umpan panjang Jose Gaya dari sisi kiri lapangan. Negredo berlari menyambut bola, meninggalkan garis pertahanan Barca yang naik tinggi hingga nyaris menyentuh garis tengah lapangan.

Usai menerima bola, Negredo masuk ke dalam kotak penalti. Usaha pertamanya untuk menaklukkan Marc Andre ter Stegen masih tertahan kiper asal Jerman itu. Namun, bola memantul dengan cepat dan mengarah ke dirinya kembali. Negredo kemudian menyelesaikan peluang itu dengan sepakan kaki kiri datar.

Di babak kedua, Barca mendapatkan beberapa peluang. Salah satunya lewat tendangan Rakitic pada menit ke-64. Namun, tendangan kaki kanan gelandang asal Kroasia itu masih bisa dihentikan kiper Valencia, Jaume Domenech.

Barca baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Gol bermula dari umpan terobosan yang diarahkan kepada Juan Camara –yang berada di sisi kanan. Camara kemudian melepaskan umpan datar ke dalam kotak penalti, yang langsung diselesaikan dengan sepakan kaki kanan oleh Wilfrid Kaptoum.

Skor 1-1 kemudian bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

Valencia : Domenech; Vezo, Santos, Diallo, Gaya; Danilo, Villalba (Edu 81); Zahibo; Mina (Andre Gomes 71), Negredo (Bakkali 60), Piatti.

Barcelona : Ter Stegen; Vidal, Bartra, Vermaelen, Mathieu; Samper, Rakitic (Camara 76), Sergi; Adriano (Douglas 76), Munir, Sandro (Kaptoum 82).

[AonBerita]

Share Button

Comments

comments