Ada Kuil Surga & Neraka di Negara Thailand

Share Button

Ada Kuil Surga & Neraka di Negara Thailand

temple Rong Khun, Chiang Rai, Thailand

Chiang Rai – Inilah sisi lain Thailand yang mungkin belum Anda tahu, dua kuil gambaran surga dan neraka. Lokasinya pun saling berdekatan di Chiang Rai. Seperti apa?

Dua kuil tersebut adalah Wat Rong Khun alias White Temple dan Baan Dam, yang sama-sama berlokasi di Distrik Mueang, Chiang Rai. Lokasinya saling berdekatan, jaraknya 30 km atau cukup naik mobil selama 30 menit saja.

Namun jika dari Bangkok menuju ke Chiang Rai, dibutuhkan waktu 1 jam naik penerbangan domestik. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (2/6/2016) inilah dua kuil yaang menggambarkan surga dan neraka.

Kita mulai dulu dari Baan Dam yang merupakan gambaran neraka. Baan Dam memiliki arti rumah hitam, sebab ada rumah-rumah di sana yang tembok dan atapnya berwarna hitam dengan suasana gelap. Auranya pun cukup membuat bulu kuduk merinding.

Bangunan Ban Daam dibangun oleh seorang seniman Thailand, Thawan Duchanee. Menurutnya, warna hitam menggambarkan perjalanan sang Budha ketika berpetualang dan menyaksikan begitu banyak penderitaan umat manusia karena penyakit, umur tua dan kematian.

Tanduk-tanduk binatang seperti kerbau dan tengkorak hewan dipajang di sana, Tak ketinggalan, patung-patung dengan beragam bentuk yang berada di dalam rumah-rumahnya. Walau tidak ada gamabran penyiksaan dan semacamnya, julukan ‘neraka’ sudah diberikan turis-turis untuk tempat ini.

Sedangkan White Temple, adalah sebaliknya yakni refleksi keindahan. Bangunannya bagaikan mahakarya seni yang sangat detil dan disebut-sebut sebagai kuil terindah di dunia!

Adalah Chalermchai Kositpipat, seniman asal Chiang Rai sekaligus pemilik White Temple. Pada awal abad ke-10, bangunan Wat Rong Khun terbengkalai dan tak terurus. Chalermchai kemudian memperbaikinya dan membukanya untuk publik pada 1997.

 

Share Button

Comments

comments